Pengertian Iklan, Ciri-Ciri Iklan dan Tujuan dari Iklan

Pengertian Iklan, Ciri-Ciri Iklan dan Tujuan dari Iklan

Tujuan utama dari sebuah iklan adalah untuk mengajak pembaca tertarik pada produk, jasa dan layanan yang ditawarkan melalui sebuah promosi. Suatu produk pastinya akan membutuhkan sebuah iklan untuk membantu promosi produk-produk dari sebuah perusahaan. Semakin gencar suatu perusahaan atau pengusaha melakukan suatu promosi, maka otomatis akan semakin cepat juga produk, jasa dan layanan tersebut akan dikenal kalangan masyarakat. Seperti layanan iklansemarang.com menjadi tempat untuk beriklan dan mempromosikan iklan produk jasa dan layanan dari perusahaan maupun usaha anda, yang berfokus untuk area kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah

Banyak ragam kategori jenis iklan dengan mudah dapat kita jumpai. Mulai dari sebuah  iklan tayang di televisi, social media , hingga iklan-iklan yang terpampang atau tertempel di jalanan.

Iklan berisi suatu kumpulan padat informasi-informasi yang dibuat semenarik mungkin, untuk membuat calon konsumen tertarik membeli ataupun menggunakan jasa layanan  yang ditawarkan.

baca juga: pentingnya iklan dalam usaha bisnis anda

Pengertian dari Iklan

Iklan adalah sebuah kumpulan-kumpulan informasi yang berisikan sebuah  pesan untuk membujuk atau mengajak orang lain (calon konsumen), supaya tertarik pada produk, jasa, barang atau jasa layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan atau pengusaha.

Iklan tidak hanya untuk urusan komersial. Tetapi dapat juga berisi sebuah ajakan kepada para pemirsa dan pembacanya agar melakukan hal-hal yang positif. contohnya, tidak menggunakan Narkoba, hingga tidak membuang sampah pada tempatnya.

Pada umumnya iklan dipromosikan melalui siaran televisi, radio, social media, surat kabar harian (koran ), majalah dan banyak kita jumpai juga pada baliho di jalan-jalan.

Ciri Ciri Iklan

Ada beberapa ciri-ciri dari Sebuah iklan, diantaranya adalah:

  1. Mengandung isi yang jelas. Isi iklan sangat disarankan untuk singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung salah satu pihak tertentu atau golongan tertentu.
  2. Bersifat Informatif, artinya bersifat memberi suatu informasi. Iklan juga harus bersifat menerangkan tentang suatu produk, jasa dan layanan yang ditawarkan.
  3. Bahasa Iklan yang hendak digunakan mudah dimengerti oleh semua kalangan masyarakat. Iklan juga harus menggunakan tata bahasa yang dapat mudah di pahami dan di mengerti karena memang sebuah iklan itu sendiri tujuannya adalah supaya agar orang ingin dan tertarik untuk mau mencoba serta menggunakan layanan produk atau jasa yang diiklankan tersebut.
  4. Suatu produk Iklan dikemas untuk menarik perhatian dan minat dari para pemirsa dan pembacanya. Sehingga seseorang tertarik ingin mencoba layanan produk atau jasa  apa yang ditawarkan dalam sebuah  iklan tersebut.
  5. Bersifat Ajakan. Salah satu sifat dari iklan adalah mengajak yang dimana bertujuan untuk menarik simpati para pemirsa dan pembaca sehinnga tertarik untuk memakai dan mencoba apa yang disajikan dalam iklan tersebut.

Tujuan dari sebuah Iklan adalah:

1.    memberikan suatu informasi (Informing)

Periklanan dapat memberitahukan secara real time kondisi market  tentang suatu produk tertentu yang baru serta perubahan fluktuatif harga market, memberi informasi tentang fungsi dan kegunaan suatu produk baru menjelaskan bagaimana cara kerja produk tersebut, dan membangun citra yang baik untuk perusahaan.

  1. Membujuk (Persuading)

Sebuah iklan dapat membentuk sebuah preferensi dari merek, mengubah tentang cara pandang konsumen tentang sebuah atribut produk, membujuk calon konsumen untuk mencoba menggunakan layanan produk atau jasa yang diiklankan tersebut dan mangajak calon konsumen untuk membeli produk dan menggunakan jasa layanan produk tersebut.

  1. Mengingatkan (Reminding)

Iklan bertujuan juga untuk menjaga agar supaya brand-brand atau merk-merk dari sebuah perusahaan tetap fresh atau segar dalam ingatan dari para pemakai   produk merek tersebut, serta juga mampu meningkatkan minat dari calon konsumen dan konsumen terhadap brand atau merek yang sudah ada.

  1. Penambahan Nilai (Adding value)

Salah satu tujuan Iklan yang lain adalah memberi nilai tambah atau manfaat yang berupa suatu inovasi produk, menyempurnakan kualitas atau  serta mengubah sudut pandang atau persepsi konsumen. Sebuah iklan yang efektif dapat dan mampu merubah sudut pandang atau persepsi dari konsumen.

  1. Mendampingi (Assisting)

Fungsi dari tujuan sebuah iklan adalah berperan sebagai pendamping yang bisa memfasilitasi upaya-upaya lain dari  sebuah perusahaan dalam proses komunikasi marketing. Sehingga perusahaan dapat menetukan goal dan dapat lebih cepat mencapai target pasar yang diinginkan.

demikian pengertian dari iklan, ciri-ciri dari sebuah iklan dan tujuan dari iklan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dan gunakan layanan iklansemarang.com untuk menunjang dan mempromosikan produk anda, layanan dan jasa anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment