Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Halloo, warga Kota Semarang dan sekitarnya yuk mari kita pelajari lagi sejarah kota dengan mengeksplore salah satu tempat bersejarah di kota Semarang, yupz… Klenteng Sam Poo Kong yang menjadi saksi ekspedisi dari Laksamana ChengHo, klenteng Sam Poo Kong adalah tempat singgah Laksamana Cheng Ho di kota Semarang.

Udah yang banyak tahu lokasi dari Klenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan, dengan dominasi warna merah disetiap bangunan dan area sekitarnya seperti lampion, juga pohon-pohon yang menuju pintu masuk juga identik dengan warna merah sangat kental dengan nuansa budaya dari Tionghoa.

Sebagai salah satu bangunan cagar budaya, klenteng Sam Poo Kong pun menjadi pusat kegiatan kebudayaan antara lain festival Cheng Ho yakni perayaan untuk memperingati HUT Sam Poo Kong sekaligus memperingati kedatangan dari Laksamana Cheng Ho di Kota Semarang, perayaan tersebut biasanya dilakukan pada bulan Agustus setiap tahunnya, perayaan festival Cheng Ho tambah meriah karena adanya lomba Barongsai.

Menjadi daya Tarik tersendiri ketika kunjungan wisata ke Kota Semarang, belum lengkap jika belum mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong ini, yang perlu digaris bawahi pada dasarnya Klenteng Sam Poo kong adalah tempat ibadah jadi para wisatawan diharap untuk tetap tenang menjaga ketertiban dan menghormati umat yang sedang menjalankan ibadah.

Sejarah dari Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong yang berada dilokasi Simongan merupakan saksi sejarah dari penjelajahan Laksamana Cheng Ho, dan Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat ibadah bagi umat Tridharma yakni kelompok 3 agama dimana terdiri dari Konfusianisme, Taoisme dan Buddhisme.

Pada awalnya klenteng Sam Poo Kong adalah tempat istirhat dan berteduh dari Laksamana Cheng Ho dengan Terpaksa berlabuh ditahun 1416 dikarenakan juru mudi kapal yang bernama Ong keng Hong sedang mengalami sakit keras. Saat berlabuh didaerah Simongan tersebut Laksamana Cheng Ho merawat juru kemudi kapalnya bersama dengan rekan atau awak kapal yang lain. Akan tetapi dengan terpakasa Laksamana Cheng Ho meninggalkan juru kemudinya tersebut karena tetap harus melanjutkan perjalanannya.

Setelah mendapatkan perawatan kondisi Ong Keng Hong berangsur-angsur telah membaik setelah mendapatkan perawatan dari beberapa awak kapal Laksamana Cheng Ho yang menetap bersama warga sekitar di daerah Simongan tersebut.

Ong keng Hong yang sudah membaik dan bersama awak kapal dari Laksamana Cheng Ho yang memilih menetap di Simongan selalu bercerita tentang Laksamana Cheng Ho yang baik, tegas dan bijaksana hal ini di respon dengan positif oleh warga sekitar kemudian berangkat dari hal tersebut mereka bersama-sama membuat sebuah symbol penghormatan untuk Laksamana Cheng Ho  disalah satu gua yang disebut dengan nama gedung batu kemudian symbol tersebut disempurnakan lagi menjadi Klenteng Sam Poo Kong

Meskipun menjadi tempat ibadah bagi umat Tridharma, masih banyak dari kalangan kepercayaan Islam Kejawen yang sering dating  untuk melakukan ziarah ke makan Ong Keng Hong dan menjadi salah satu destinasi wisata Kota Semarang.

Alamat dari Klenteng Sam poo Kong ini di Jalan Simongan Raya No. 129 Bongsari, Kota Semarang, Prov Jawa Tengah. Untuk jam operasional Klenteng Sam poo Kong ini buka dari jam  06.00 sampai dengan jam 23.00 WIB, untuk tiket masuk dikenai tarif Rp. 28.000 para wisatawan dapat menjelajah seluruh bagian yang ada di Klenteng Sam poo Kong ini termasuk area Klenteng Besar.

Wisata Menarik di Area Klenteng Sam Poo Kong

Banyak kegiatan yang menarik dapat dilakukan di Klenteng Sam Poo Kong ini, mulai Kegdari berfoto ria diarea Klenteng yang instagramable dengan karakter budaya arsitektur tionghoa dan disediakan juga pakaian khas tionghoa di klenteng Sam Poo Kong mulai dari harga Rp. 100.000, cukup murah bukan untuk kenang-kenangan, hehe

Demikian review singkat iklansemarang.com untuk Klenteng Sam Poo Kong Semarang, semoga bisa menambah wawasan pembaca dan menumbuhkan minat wisata dikota Semarang dan sekitarnya, tunggu review beberapa tempat bersejarah di kota Semarang dan Sekitarnya. Yuk bantu iklansemarang.com mengeksplore lagi tempat-tempat menarik dan bersejarah dikota Semarang untuk dikunjungi.

Baca Artikel:

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment