9 Unsur-Unsur dari sebuah layanan Iklan

9 Unsur-Unsur dari sebuah layanan Iklan

Dalam memasang iklan untuk promosi produk barang maupun jasa layanan atau untuk branding sebuah perusahaan baru ada terdapat unsur-unsur  penting dalam anatomi sebuah iklan tersebut untuk menarik calon pelanggan untuk membeli dan atau memakai produk yang kita iklankan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa layanan yang kita promosikan tersebut.

Bagaimanakah cara atau tips dan trik agar  iklan yang hendak kita promosikan atau kita iklankan bisa dan mampu menarik dari para konsumen atau calon pelanggan, maka mari kita perlu memahami beberapa unsur-unsur iklan yang ada dibawah  ini, yuk mari kita simak ulasan berikut:

1.      Keunikan produk

Dalam sebuah iklan, keunikan dari sebuah produk merupakan suatu daya tarik tersendiri dan menjadi nilai tambah. Nama dari produk atau jasa menjadi identitas dari sebuah produk yang akan ditawarkan. Informasi mengenai nama produk harus lebih ditonjolkan guna mempermudah dikenali oleh public dan kalangan masyarakat luas.

Yang tidak kalah penting, sebelumnya bisa ditentukan target pembeli, agar muncul suatu  ketertarikan untuk membeli produk dan memakai jasa layanan  yang hendak ditawarkan melalui iklan tersebut.

2.      Gambar atau Design Produk

Gambar atau design dari produk sangat penting dan  perlu diperhatikan karena termasuk didalam unsur-unsur sebuah iklan. Gambar atau design produk akan menampilkan suatu visualisasi tentang sebuah produk yang akan diiklankan. Iklan yang hanya terdiri dari teks saja dan tidak menampilkan gambar atau design grafis yang baik akan terasa membosankan untuk menarik calon pelanggan.

Penggunaan design grafis atau design gambar dalam pembuatan sebuah iklan tentunya akan membuat iklan menjadi lebih fresh dan hidup bagi orang yang melihatnya. Apalagi jika dipadukan dengan unsur seni lainnya seperti, musik, gambar bergerak perpaduan warna yang harmonis tentunya akan lebih enak dilihat dan menarik perhatian calon pelanggan.

3.      Tampilkan Keunggulan Produk

Keunggulan dari sebuah produk, jasa dan layanan ini juga harus ditonjolkan dan tidak kalah penting, bisa disisipkan sebagai tagline dari produk anda, karena bisa menjadi nilai lebih dan menjadi suatu alasan mengapa target calon konsumen harus membeli atau menggunakan produk dan layanan yang anda tawarkan.

4.      Kalimat Deskriptif

Unsur-unsur dari sebuah iklan  yang selanjutnya yakni penggunaan kalimat deskriptif. Kalimat Deskriptif ini sangat penting untuk memberikan informasi guna menjelaskan dan menguraikan secara deskriptif tentang  produk atau layanan  jasa yang dipromosikan atau diiklankan.

Kalimat deskriptif yang akan dipakai juga tidak bisa sembarang, akan tetapi harus menarik dan bisa mudah dipahami oleh calon konsumen. Karena jika kalimat tersebut susah dipahami pastinya akan mengurangi nilai dari tujuan iklan tersebut.

5.      Gunakan Kalimat Ajakan

Fungsi dari sebuah kalimat persuasif atau juga kalimat ajakan adalah bertujuan untuk mengajak atau membujuk orang untuk menggunakan layanan produk atau jasa yang sedang dipromosikan dalam suatu iklan. Sehingga kalimat yang dipakai harus bersifat singkat, dan padat seperti tagline atau slogan dari produk.

6.      Membangun kepercayaan

Untuk mendapatkan dan membangun kepercayaan dari calon konsumen maka iklan yang dibuat harus terdapat unsur-unsur yang ada dipoint sebelumnya dan didukung dengan alat peraga seperti pembuktian atau testimony konsumen yang sudah menggunakan produk dengan kata-kata yang meyakinkan.

Disini penjual dianjurkan untuk membuat promosi iklan semenarik mungkin, tetapi tidak boleh membohongi public atas produk yang dipromosikan dengan melebih-lebihkan produk atau jasa layanan.

7.      Membangun Minat Calon Pembeli

Iklan yang dibuat juga harus memperhatikan dan disesuaikan dengan minat atau ketertarikan dari target yakni calon konsumen, sehingga dimana calon pembeli merasa ingin tahu tentang detail produk dan jasa layanan yang ditawarkan. Hasilnya calon  konsumen tersebut mau membeli produk dan jasa layanan tersebut.

Jika calon pembeli tersebut hendak membeli produk atau mengggunakan  jasa  layanan yang ditawarkan, berarti iklan tersebut yang dibuat telah memenuhi anatomi unsur-unsur iklan yakni salah satunya adalah membangun minat calon konsumen.

8.      Munculkan Minat & Keinginan

Unsur-unsur iklan yang berikutnya  yakni dapat menampilakan keinginan atau desire. Artinya adalah  iklan harus mampu menjadi problem solving dari keinginan konsumen.

Para pengiklan juga harus bisa menemukan tips dan trik cara tentang  bagaimana untuk menggerakkan minat konsumen supaya ingin memakai jasa layanan dan membeli produk melalui iklan yang ditayangkan.

9.      Kontak Penjual

Unsur-unsur iklan yang terpenting adalah Kontak Penjual, yupz sangat penting untuk mencantumkan Kontak nomor telepon, akun media sosial, dan alamat. Dengan mencantumkan dan adanya kontak penjual ini akan membuat calon konsumen akan lebih percaya dengan kedudukan keberadaan alamat tersebut.

Di mana saat calon pembeli melihat suatu iklan produk dan jasa layanan dan langsung tertarik untuk membeli produk dan menggunakan jasa layanan yang ditawarkan melalui iklan, maka calon pembeli dapat langsung menghubungi nomor penjual tersbur. Hal ini pastinya mempermudah transaksi jual beli.

Demikian artikel yang mengulas 9 unsur-unsur yang ada dalam iklan, semoga bermanfaat bagi pembaca dan gunakan layanan iklansemarang.com untuk menunjang usaha maupun bisnis anda yang berada diwilayah Semarang dan Jawa Tengah.

Baca Juga:

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment